Rabu, 24 November 2010

Rancang Bangun Antena Susunan Linier Empat Elemen Dengan Distribusi Amplitudo Seragam

Dalam sistem telekomunikasi radio, salah satu elemen yang sangat penting adalah antena. Antena merupakan perangkat yang berfungsi sebagai penerima maupun pemancar gelombang elektromagnetik dari dan ke udara bebas. Oleh karena itu, kualitas antena sangat menentukan kinerja hubungan komunikasi radio.


Secara umum pola radiasi antena dibedakan atas pola radiasi ke segala arah (omnidirectional) dan pola radiasi ke suatu arah tertentu (unidirectional antenna). Pemilihan pola radiasi ini ditentukan oleh aplikasi dari system komunikasi radio tersebut. Misalnya untuk jaringan komunikasi seluler, sering dibutuhkan antena unidirectional antenna untuk melayani sektor wilayah layanan tertentu.

Pengarahan pola radiasi antenna dapat diatur dengan metode pengarahan secara mekanik maupun secara elektrikal. Untuk metode pengarahan secara mekanik dilakukan dengan cara mengubah posisi antena dengan menggunakan routater. Pengaturan pola radiasi secara elektrikal yaitu dengan mengubah fasa pada elemen antena yang bersebelahan.

Proyek akhir “Rancang Bangun Antena Susunan Linier Empat Elemen Dengan Distribusi Amplitudo Seragam” ini bertujuan untuk membuktikan bahwa selisih fasa antar elemen antena pada susunan linier untuk amplitude seragam dapat mengakibatkan perubahan arah pola radiasi maksimum dari susunan antenna. Antena ini bekerja pada frekuensi 920 MHz yang disusun dari 4 elemene antenna vertical. Sifat antenna ini adalah unidirectional dengan pengarahannya secara elektrikal yaitu dengan mengubah fasa dari tiap elemen antenna maka arah pola radiasi antenna juga mengalami perubahan.

Tidak ada komentar: