Minggu, 12 Desember 2010

Think Big, Think Positive, Think Excellence

John C. Maxwell

John C. Maxwell diakui dunia sebagai pemimpinnya para pemimpin. Apa tips sukses John C. Maxwell, penulis lebih dari 30 buku tentang kepemimpinan dan strategi sukses ini? Berikut ini adalah saran-saran yang sering disampaikan Maxwell dalam buku-bukunya mengenai kepemimpinan yang telah terjual sebanyak lebih dari tujuh juta kopi di seluruh dunia.


Think Big
Dalam semua bukunya, John C. Maxwell, pembicara yang dinamis di berbagai seminar dan konferensi internasional, selalu menekankan pentingnya berfikir besar. Menurut Maxwell, Think Big akan memacu kita untuk selalu berusaha melakukan perkara-perkara yang besar, dan tidak dibatasi oleh ketidakmampuan, dan ketidakyakinan kita untuk melakukan hal-hal tersebut. Dengan berfikir mengenai perkara-perkara yang besar, kita juga dipacu untuk selalu meningkatkan diri (pengetahuan dan keterampilan) agar bisa melakukan hal-hal besar.

Think Positive
Selalu berfikir mengenai hal-hal yang besar, Maxwell juga selalu menganjurkan orang untuk selalu berfikir positif. Think positive memacu seseorang untuk selalu memiliki harapan dan motivasi untuk maju dan menyelesaikan segala permasalahan yang dihadapinya. Think positive memompa semangat untuk terus bertahan di tengah krisis. Think positive memberi alasan untuk tetap hidup di tengah keputusasaan. Think positive memberi jalan keluar atas tantangan-tantangan yang datang menghadang. Tanpa berfikir positif, tidak akan ada kemajuan. berfikir positif membuat hidup lebih bernilai.

Think Excellence
Dalam bukunya “Strategi Menuju Sukses” yang ditulis bersama Jim Dorman, Maxwell berpendapat bahwa untuk sukses sebagai pemimpin, seseorang perlu memiliki daya juang tinggi untuk meraih yang terbaik yang terbaik dari apa yang bisa dilakukannya. Untuk itu, pemimpin perlu bantuan banyak orang. Jadi, seorang pemimpin perlu memberdayakan orang lain untuk juga meraih yang terbaik, sehingga bersama-sama mereka bisa mempersembahkan sebuah mahakarya.
Prinsip ini jugalah yang diterapkan oleh Maxwell. Ia membagikan ilmu “kepemimpinannya” dalam berbagai buku dan seminar untuk membantu orang lain juga menjadi “pemimpin-pemimpin” yang Andal. Buku-buku Maxwell, dan seminar-seminar yang diberikannya, serta artikel-artikel yang ditulisnya banyak dibaca oleh para “pemimpin” dunia. Tidak heran jika ia dijuluki pemimpinnya para pemimpin.

“Berfikir mengenai perkara yang besar, berfikir positif, dan selalu berusaha melakukan yang terbaik merupakan tiga kiat John C. Maxwell untuk meraih sukses, bukan hanya sebagai pemimpin di perusahaan konsultasinya sendiri, melainkan juga sukses sebagai pemimpinnya para pemimpin dunia.”

Diambil dari buku Smart Tips From The Top
Oleh Sandra dan Roy Sembel

Tidak ada komentar: