Minggu, 12 Desember 2010

Saudara Kembar yang Baik

Jika Anda telah lahir baru, yang tinggal di dalam Anda adalah saudara kembar yang lebih muda. “Anda” yang Anda kenal dilahirkan secara alami dan terdiri dari tubuh, pikiran, emosi, keinginan-keinginan, dan kemauan Anda. “Anda yang baru” dilahirkan secara akodrati ketika Anda menerima Yesus sebagai Juruselamat dan Tuhan.

Sifat Anda yang baru adalah bagian diri Anda yang lebih muda. Sama seperti yang dilakukan-Nya di Perjanjian Lama, Allah melakukan terobosan dan berkata “Anak yang tua akan menjadi hamba kepada anak yang muda”dan memberikan kuasa dan berkat kepada yang muda, sehingga diri Anda yang baru menguasai diri Anda yang lama. Allah memanggil Anda untuk hidup dalam diri Anda yang baru ketimbang yang lama:

........ yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan
kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia
lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya
yang menyesatkan, supaya kamu dibaharui di dalam
roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru,
yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di
dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya
(Efesus 4:22-24)


Diri Anda yang baru tidak hanya dirancang untuk mendominasi kedagingan Anda – keinginan dan kecenderungan Anda – tetapi juga telah diberi kuasa untuk mengalahkan kutukan dosa atas hidup Anda. Keberhasilan, kesehatan, kekayaan, kegembiraan, dan kemenangan ada dalam diri Anda yang baru. Diri dan keberhasilan Anda yang baru dalam kehidupan ini datang lewat Salib – lakukan terobosan dan nikmati buah-buahnya.

Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan
kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup
yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah
memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib.
Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada
kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar,
supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam
kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang
membinasakan dunia (2 petrus 1:3,4).


Izinkan saya menggambarkan hal ini dengan sebuah kisah. di gereja saya, kami mempunyai kegiatan kelompok sel di rumah-rumah. Seorang anggota salah satu sel mengundang kenalannya untuk hadir, seorang laki-laki yang tidak menghadiri gereja kami atau gereja lainnya. Ia mempunyai masa lalu yang mengerikan dan salah satunya ia pernah mengalami kekerasan seksual waktu kecil. Minggu-minggu pertama ia menghadiri pertemuan sel tersebut, ia duduk dengan kepala tertunduk, sungguh-sungguh tertekan jiwanya. Ia tidak ikut berdoa atau bersekutu, hanya keluar masuk saja. Orang yang mengundangnya terus berhubungan dengannya. Tiba-tiba laki-laki itu tampak berubah! Kepalanya mulai terangkat dan ia menjadi berseri-seri! Orang-orang bahkan seolah-olah bisa melihat pancaran cahaya dari dirinya. Banyak orang tidak mengenalinya lagi karena ia berubah menjadi orang yang sangat berbeda. Apa yang terjadi? Ia membuat terobosan; ia menerima Yesus dalam hidupnya, dan mulai hidup dengan dirinya yang baru.

Jadi siapa yang ada di dalam kristus, ia adalah ciptaan
baru; yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang
baru sudah datang (2 Korintus 5:17).

Tidak ada komentar: